Research Camp Jilid VI

Research Camp Jilid VI

Research Camp Jilid VI

Jumat, 13 Oktober 2017

 

  • Apa itu Research Camp?

Secara sederhana dan ringkas, Research Camp (RC) dapat dipahami sebagai upaya sekolah memberikan wadah kepada peserta didik untuk mengaktualisasikan dan berbagi ilmu, pengetahuan, dan keterampilan sebagai hasil proses belajar mereka kepada orangtua dan masyarakat.

  • Apa Tujuan dari Research Camp?

Antara lain: Menyediakan sarana bagi siswa untuk menunjukkan hasil dari proses pembelajaran di sekolah; Mengembangkan kemampuan siswa untuk berfikir kritis dalam  pemecahan masalah dan melatih kerjasama; Meningkatkan ketrampilan dalam mengkomunikasikan ide – ide; Meningkatkan kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

  • Apa Tema Research Camp tahun ini?

Di Tahun Pelajaran 2017/2018, RC di SMA Kebon Dalem, mengusung tema “Inventions for Better Future”. Tema tersebut diangkat ke permukaan sebagai kajian utama dari project penelitian siswa karena saat ini dalam rangka menyongsong “Indonesia Emas” sebagai generasi muda bangsa, peserta didik perlu untuk mempersiapkan dan membekali diri dengan kemampuan untuk meneliti guna menemukan, menganalisis, mengolah dan memecahkan permasalahan guna masa depan diri dan bangsanya ke arah yang lebih baik. Ajang ini sekaligus merupakan bagian tak terpisahkan dari nilai/karakter kecerdasan yang dihidupi oleh warga sekolah (Environmental quotient).

  • Bagaimana design pelaksanaan Research Camp?

Aula sekolah akan dirancang menjadi camp-camp riset. Tahun ini ada 35 macam project penelitian siswa dari rumpun jurusan IPA, IPS, dan BAHASA.

  • Tempat dan waktu pelaksanaan

Tempat            : SMA Kebon Dalem,  Jl. Wotgandul Barat 31 Semarang. Telp: (024) 3515838

Hari/Tanggal   : Jumat, 13 Oktober 2017

Waktu             : 07.00 – 13.00 WIB

  • Seputar aktivitas pendukung dalam Research Camp VI :
  1. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk Rumpun IPA, IPS, dan Bahasa
  2. Lomba Membaca Berita dalam Bahasa Indonesia dan dalam Bahasa Inggris untuk pelajar SMP Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *